[ASAREJE] Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Assalamualaikum. Hi, Bloggys.
Sejujurnya dari kemarin ini tangan gatel banget mau ngetik lagi, ada beberapa hal yang mau gue posting mumpung belum kadaluarsa dan masih keinget di otak. Tapi apalah daya beberapa minggu lalu pulsa modem belum keisi, Wi-fi kampus kaga bisa diharapin – buka Google aja lamanya Naujubillah. -_- Pff.

Gue lagi usaha buat aktif ngblog lagi nih. Mudah-mudahan aja bisa konsisten, dan gak cuma omdo. Aamiin.

Cerita dikit boleh ye, gue itu termasuk orang yang suka banget-banget nonton Film terhitung sejak SMP lewat Film Harry Potter awalnya. Dari situ gue nyandu banget sama Film, khusunya genre Fantasy & Drama Comedy. Seringnya gue nonton Film bikin gue jadi punya hasrat buat ngritik Film-film yang udah gue tonton. Sayangnya, gue cuma bisa nyampein kritikan gue itu ke orang-orang sekitar aja.

Jadi?

Di Postingan kali ini gue mau memulai untuk buat rubik khusus tentang Review-review baik itu Film yang pernah gue tonton atau Buku dan InsyaAllah gadget/software/aplikasi – boleh juga tuh, nama rubiknya ASAREJE [Asal Review Aje]. Maksa emang. Tapi, sabodo teuing lah.
Tolong jangan dianggep serius ya Reviewannya, ini ngreview berdasarkan prinsip semau gue( / =3=)/ ~

Ok, kali ini gue mau ngreview soal Film yang belum lama ini gue tonton dan jadi perbincangan dimana-mana karena konon tercatat sebagai Film dengan jumlah penonton terbanyak tahun ini plus masuk Box Office Movie Indonesia nomor 1. Katanya begitu.

 


Nyeritain tentang Zainudin seorang keturunan Makassar – Padang diperanin sama Herjunot Ali, yang jatuh cinta – cinta mati banget lah sama Hayati (Pevita Pearce) turunan Padang aseli. Cinta si Zainudin gak bertepuk sebelah tangan, karena ternyata Hayati juga mendem perasaan yang sama.

Sayangnya Keluarga Hayati gak ngrestuin hubungan mereka berdua. Karena faktor adat-istiadat, juga karena si Zainudinnya miskin. Hayati pun dijodohin sama Ajiz/Aziz? Whatever lah. Diperanin sama Reza Rahardian, seorang yang kaya raya plus terpandang keluarganya.

Zainudin sakit hati sama Hayati yang menurut dia udah ngkhianatin cinta mereka, akhirnya Zainudin merantau jauh berusaha buat Move-on. Dia memulai kegiatan baru dengan menulis, karya tulisnya dipublish – meledak dipasaran – kaya raya deh Zainudinnya. Terus?
Gak lama Hayati & Ajiz (mereka udah suami-istri) pindah ke kota yang ternyata ada Zainudinnya, gak sengaja ketemu, nyaris CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) dan Hayati nyesel udah ninggalin Zainudin dulu, karena pasrah dijodohin itu.

Kurang lebih gitu deh ceritanya.

Kesimpulannya, ini film ceritanya klise. Bisa dibilang cerita FTV/Sinetron banget lah. Iya gak sih?

— Pacaran nih, si Lakinya miskin. Keluarga si Perempuan gak mau punya menantu miskin, dikata makan cinta doang cukup? Hehe. Putus. Dijodohin lah si Perempuan ama Laki yang lebih kaya, gak lama setelah putus taunya si mantan Laki yang miskin udah – malah lebih kaya & sukses. Terus si Perempuan nyesel deh “Kenapa dulu gue gak sama dia aja?”. Ya ibaratnya sih gitu kalo di jaman sekarang mah. :p

Banyak yang bilang ini nyeritain tentang cinta segitiga, tapi kalo kata gue nggak juga. Ya karena diantara ketiga tokoh tsb yang saling mencintai cuma si Hayati & Zainudin. Ajiz gak cinta sama sekali dengan Hayati, menurut gue. Dia cuma sekedar suka sejenak terus iya-iya aja dijodohin gitu.


Zainudin shock pas baca surat dari Hayati yang isinya dia lebih milih dijodohin. :(
Apa yang gue suka dari Film ini?


1. Pewarnaan dalam Filmnya itu yang pertama.
Maksudnya? Agak bingung juga sih jelasinnya, jadi kalo dalam dunia Film itu ada istilah yang namanya colour grading ( ._.) #CMIIW
Dimana film tsb di hasil editingnya bakal di warnain sesuai dengan setting lokasi/suasana, bahasa kasarnya gitu.  Misal, liat gambar dibawah ini.


Subtitlenya ngaco. Harusnya bukan yang kayak gini._.
Adegan ini didalam Film kejadiannya pas Pagi-pagi buta/sekitar Shubuh. Kayaknya sih, soalnya waktu nonton ada kabut-kabut sama suara-suara yang nandain waktu Pagi. Coba lo perhatiin pewarnaan di gambar tsb. Biru-biru Shubuh kan? Gak mungkin adegan Pagi buta, pewarnaannya kuning gelap. Sampe sini paham gak? :-|

Nah, di Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck ini teknik colour gradingnya tuh pas-pas banget ditiap adegan, adem aja gitu diliat gak bosenin padahal durasi film ini cukup lama loh nyaris 3 Jam.
Sesuai sama setting waktunya di era 1930-an. Jadi ya seakan-akan penonton bener-bener diajak ke jaman itu.

2. Audio & Musiknya.
Gue suka banget sama pengisi musiknya yaitu Nidji, gak dipungkiri juga ya Band Nidji emang udah sering ngisi beberapa soundtrack Film-film Indonesia bahkan ada juga Film luar. Cuma gak tau kenapa sih, untuk Film TKVDW ini menurut gue pas banget aja.
Selain itu Audionya/efek-efek suaranya juga pas. Kayak suara kebisingan di Pelabuhannya, Adegan waktu pacuan kuda, dll. Itu menggambarkan banget lah.


Pacuan Kudanya. Keren banget.
3. Terakhir. Wardrobe dan Set & Propertinya.
Overall, keren. Tahun era 30-an nya dapet lah, meskipun gue belum pernah ngrasain tinggal di tahun itu. Bisaan banget krunya dapetin pakaian-pakaiannya, propertinya juga dan pengaturan setnya juga rapih. Pokoknya suka.

Hayati, ngteh yuk ~

Ok, sekarang apa yang gak gue suka dari Film ini?

1. Judul & Ceritanya kurang nyambung. :-|
Tanya kenapa?

Ehm.. dari judulnya aja nih ya 'Tengggelamnya Kapal Van der Wijck' beberapa orang yang mungkin sepemikiran sama gue pasti bakalan penasaran banget nonton Film ini karena mau liat apa? Yak. Adegan pas ada Kapal tenggelemnya, kira-kira bakalan kayak Film Titanic kah? Terus efeknya bagus gak?

Greenscreen nya masih ketara di adegan ini.

Sekitar hampir 2 Jam Film TKVDW nyeritain kisah & perjuangan cinta. Gue sampe nanya ke temen gue "Mana kapalnya? Gak nongol-nongol".
Gue gak bete/ngantuk selama nonton, karena filmnya emang disajiin secara apik menurut gue. Cuma yang gue kecewa ya itu masalah kapalnya doang, sepele banget emang -_-

Tapi begitu adegan Kapalnya udah muncul dan selesai.
Gue cuma bisa bilang "Gitu doang?"

Ngeselin banget sih. Bukannya gak menghargai, tapi menurut gue adegan kapal tenggelemnya itu Fail abis. Iya. Karena gak ada apa-apa, tiba-tiba Kapal Van der Wijcknya tenggelem gitu aja. Kan kalo Titanic mah tenggelem karena nabrak karang/gunung es, ok gue mencoba untuk berhenti ngbandingin dengan Titanic. Karena di Indonesia gak mungkin ada karang/gunung es (._.)

Tapi mbok ya minimal jelas gitu kenapa tenggelemnya? ada kebocoran kah? atau apa gitu?
Lah ini? si Hayati lagi nggalau gitu, tiba-tiba Nahkodanya bunyiin lonceng peringatan. Dan tenggelemnya itu dalam kondisi miring kapalnya, miring. Gak masuk akal, karena gak ada yang bikin itu kapal berat sebelah. -__-

Ini cuma pendapat gue aja sih, kalo Soraya Films milih judul 'Tenggelamnya Kapal' itu cuma supaya narik perhatian orang aja biar pada nonton. :p

Malah gue sempet berpikir ada tokoh 'Van der Wijck' nya dan yang meranin itu si Herjunot Ali. Ternyata? Gak ada dan dugaan gue salah.


Kayak Boneka Barbie :3

2. Akting Aktornya.
Iya emang Aktor bukan Aktris. Yang mau gue komentarin disini adalah akting dari Zainudin atau Herjunot Ali, yang menurut gue dia totalitas kok tapi rela bagi-bagi. Helah.

Entah emang dia gak pantes akting serius kali ya (._.)
Banyak adegan yang dimana harusnya serius atau adegan sedih, tapi penonton di Bioskop (termasuk gue) waktu itu malah pada ketawa. Karena? Mimik muka dia lawak banget dan logat dia bicara itu kayak Batak bukan Padang. Kocak lah pokoknya.

Jadi dia gagal dong dalam menjalani peran? Gimana ya, gak juga sih.
Yang paling gue inget adalah gue selalu ketawa tiap dia lagi akting nangis, gak cocok. :(

Ini adegan wajib tonton. Lucu.

Tapi biar gimanapun, aku tetep terima kamu apa adanya kok junot eh Zainudin.

3. Editing.
Gue gak terlalu mempermasalahkan Editing Videonya, yang gue permasalahin itu penyisipan musik yang masuk ke dalam videonya. Suka ngagetin, bukan ngagetin dalam artian bikin gue sampe kejengkang.
Maksudnya, ada beberapa adegan yang lagi dialog atau penuh penghayatan, eh tiba-tiba musik masuk langsung Reff. Kurang pas aja gitu.

Mungkin om Sastha Sunu lagi ngantuk waktu ngedit. :p

YAAA UDAH SIH REVIEW GUE GITU AJA. FINALLY.

Sekali lagi ini reviewan jangan diseriusin ya kakak, tapi kalo emang kalian percaya sama reviewan ini ya syukur Alhamdulillah. :')
Ada yang gak sependapat sama Reviewan ini juga gak apa-apa.

"Intinya ini Film recommended gak?"

Recommended kok. Soalnya banyak pesan moral yang bisa diambil, iyalah pasti.
Dalam Film itu pasti harus punya pesan moral.

Ohya gue lupa ngasih tau. Di film ini, Karya sastra dijunjung tinggi. Syair, Hikayat. Gak jarang lo nemuin kalimat-kalimat puitis di TKVDW.
Gue sebagai mantan anak jurusan Bahasa yang pernah belajar ilmu ke-sastra-an Indonesia merasa... kangen mau belajar lagi. :(
Karena sastra itu sebenernya penting dan gak boleh dilupain.

Udah gitu orang Padang patut berbangga diri, karena di film ini juga adat Minang bener-bener diangkat.



Nilai: 8/10

Last but not least.
Ini postingan terakhir gue di tahun 2013. Gak berasa ngblog udah dari tahun 2009, tapi baru aktifnya tahun-tahun ini sih. Haha

Ada Resolusi gak Hest?
Ah basi lah. Karena resolusi gue gak pernah berjalan sesuai yang diucapin/ditulis/diketik, cuma sekelibet doang yang mulus. Ya banyakan omdonya. Pff.

Udah ah. Sampai ketemu di postingan gue tahun depan!


Sumber Foto:
https://twitter.com/sorayafilms/media
http://www.bandungreview.com/media/images_article/1340_tenggelamnyakapal-van-der-wijck.jpg
http://www.filminx.com/wp-content/uploads/2013/07/00-Van-Der-Wijk08072013.jpg
https://fbexternal-a.akamaihd.net/safe_image.php?d=AQCzTz4mlp6UiDPW&url=https%3A%2F%2Ffbcdn-vthumb-a.akamaihd.net%2Fhvthumb-ak-ash3%2Fp280x280%2F1095687_422168201243574_422167381243656_8894_1173_b.jpg&jq=100
http://www.wowkeren.com/images/news/20130705-foto-adegan-film-tenggelamnya-kapal-van-der-wijk-03.jpg
http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2013/12/13882114121365039686.jpg

0 Komentar