Kamu aja lah yang nentuin judulnya.

Gue berasa jadi pengkhianat bangsa, ka..”
Kenapa gitu?”
Karena besok hari kemerdekaan Indonesia dan gue jadi relawan di acara Jejepangan.”
Drama lu!”
;;_;; Iyee apa.. Serem amat”
Hok. Pokoknya titip salam buat Hana & Baozi ya ca. Sama beliin photobooknya mereka yang Love Story atau apaa gitu.. Kan besok lo gajian.”
Dapuk yuh!”

Itu percakapan gue sama temen gue by sms, Tika – pas malem sebelum hari terakhir AFA ID. Do’i termasuk orang yang demen sama Jejepangan juga, dia udah niat mau daftar jadi Volunteer AFA ID tapi telat dan dia cuma bisa maki-maki gue. Err…

Day 3: 17 Agustus 1945 2014


Hari ke-3, Inget banget itu hari Minggu. Gue berangkat sama Abi gue, bisa bareng karena beliau musti Upacara 17-an juga di Kantornya jam 6:30 Pagi. Dimana hari Minggu itu hari yang paling enak untuk leyeh-leyeh kan guys, tapi banyak PNS yang gue temuin udah berseragam batik biru rapih demi Upacara di Kantornya masing-masing pagi itu. +100 lah ya.

Banyak banget yang pake baju beginian pagi itu.
Sepanjang jalan gue nyanyi pake toak “17 Agustus tahun 45, itulah hari Kemerdekaan kita..” sebagai wujud merayakan Hari Kemerdekaan gitu deh (Padahal mah karena jalanan masih sepi aja jadi gue berani kokoceakan).

Gue sedikit sedih pas 17 Agustus-an kemarin. Sedih? Karena gak bisa nonton Upacara Bendera di tipi. Mau nonton gimana? Dimana? A.. AA.. AAA
Mungkin kalo hape gue ada tipinya, enakeun..

Ya gue termasuk orang yang gak pernah mau ngelewatin acara sakral kayak Upacara Bendera kalo pas 17 Agustusan, itu tontonan wajib buat gue dan Keluarga. Gue seneng sama betapa rapi, tertibnya Upacara Bendera di Istana Negara, terlebih liat pasukan bendera yang kakinya kompak banget. Gue suka gemes sendiri, apalagi kalo ada yang cakep paskibrakanya. #Teteup
Tapi kali ini gue absen nonton Upacara Bendera, karena tanggung jawab sebagai Volunteer.

Abi gue nurunin gue di Halte PGC Cililitan. Waktu lagi nunggu TransJakarta, gue sempet ngeliat sekerumunan - kayaknya sih Mahasiswa/i gitu yang lagi lari sambil bawa Bendera Merah Putih dan berkoar-koar tentang Kemerdekaan dan Pramuka, keren banget. Seumur-umur, Sekolah yang pernah gue tempatin gak pernah bikin acara 17 Agustusan macem gitu. Mentok-mentok cuma Upacara doangan. Pff

Rame, Gurunya juga ikutan ~

Ada hikmahnya kan ca gak nonton Upacara Bendera di tipi.. Lo jadi bisa liat kegiatan lain waktu 17 Agustus di luar lingkungan rumah..”

Heeuh.

Dan, ternyata di JCC ada kegiatan serupa paginya loh. Nyanyi 17 Agustusan massal para pengunjung AFA ID di antrian, gue sih gak ada di lokasi waktu itu, gue tau dari temen Volunteer bagian main gate. Eh nemu Videonya juga.



Coba cek kali aja ada lo di Video ntu?
Entah siapa yang inisiatif bikin kegiatan tsb, keren.

Mereka telah membuktikan rasa nasionalismenya.. :v

Kata status seorang temen fesbuk yang ngeshare itu Video. Haha.

Hari terakhir event AFA ID, pengunjungnya lebih kopong. Gue lupa kapan? Tapi kayaknya sih di hari ke-3 deh. Jadi, gue sama beberapa Volunteer AFA Shop gak ada kerjaan pas paginya musti ngapain lagi, karena AFA Shop udah rapih. Yaudah kita iseng aja merawanin barang jualan satu-satu. Ya penasaran aja gitu sama barang dagangan sendiri (Yang jadi barang sample-an aja sih yang kita liat).

Coba deh gue mau liat photobooknya si King, laku juga itu. Isinya apaan sih..”
Gak kuat gue bukanya, merinding..” kata temen Volunteer gue, yuni.
Ini kalo ada yang beli terus ketauan orangtuanya si anak beli ginian, gimana nasibnya yak? Haha

Selain King, kita juga liat-liat Photobook Aza, Hana Baozi, dll. (Yang ada dipostingan sebelumnya itu loh foto-fotonya)
Pokoknya ada aja lah yang kita komentarin fotonya. Ngucap istighfar lah, “Kayak boneka banget..”
Keren nih propertinya..”
Masa sih, seriusan mereka be-gi-tu?”
Tapi..tapi..” ah sudahlah. #IYKWIM :v

Padahal hari terakhir di AFA ID itu terkenal dengan diskon gede-gedeannya (Katanya sih..), sayang banget pengunjungnya gak terlalu banyak, tapi gak bener-bener sepi juga. Bahkan sekitar jam 14:00 Siang AFA Shop tumbenan sepi pembeli. Gimana ya, mungkin yang nyebabin sepi karena stock barang-barangnya yang emang udah pada sold out. Ada yang dateng, nanya “Ada ini gak kak?”
Yah udah habis di hari ke-2 itumah..”
Yaah..”
Bubar. Sepi lagi deh.

Berhubung AFA Shop gak rame-rame amat, jadi waktu berasa lama juga.

Ya seenggaknya bisa nyantai dikit kan neng.. gak kaya kemaren-kemaren. Saya aja yang cuma ngawasin pusing ngeliat suasana kemaren, apalagi neng sama temen-temennya yang ngelayani kesana-kemari..
Kata Security yang khusus jaga di antrian AFA Shop.

Tapi bosen juga, pak. Jadi magabut saya.. Haha

Inget banget selama 2 hari sebelumnya, gue sama temen-temen Volunteer yang shift pagi khususnya, suka balap-balapan ngelayanin karena ramenya pengunjung. Kalo udah ada kotak buat naro barang yang kosong langsung buru-buru ngambil terus berebutan “Gue ngelayanin yang ini deh, lo ntar aja yang itu..” tapi kalo lagi males ngelayanin karena udah terlalu capek kadang suka ngelempar jatah juga “Lo duluan deh, nih kotaknya.. Hehe

Eh, gue lupa ngasih tau dan lo semua musti tau!
Enaknya lagi jadi Volunteer bagian AFA Shop adalah… Bukan kita yang ngedatengin Cosplay Starsnya, tapi Cosplay Starsnya yang ngedatengin kita. Sumfah, jadi enak kamu nyamperin aku duluan gitu.. (._.)/|

Gue udah ngasih tau kan sebelumnya kalo di AFA Shop itu ngejualin barang-barang Cosplay Stars: Poster, Postcard, Photobook gitu. Dan ternyata ada waktu-waktu khusus yang udah ditentuin pihak penyelenggara buat para Cosplay Stars AFA ID itu dateng ke AFA Shop ngejualin barang dagangan mereka.
Ya kita yang jadi Volunteer AFA Shop sih seneng-seneng aja ada yang bantu jualin apalagi yang bantu tjakep-tjakep. Wqwq

Mungkin cara ini juga yang bikin AFA Shop jauh lebih rame dibanding booth-booth lain.

Meskipun gak demen-demen amat dan gak kenal juga sama Cosplay Starsnya, tapi haram hukumnya bagi kita (Volunteer AFA Shop) kalo gak foto sama mereka. Kapan lagi, sist..

Pas mau foto sama Kisaki Urumi (Costars asal Jepang), sama managernya dibilang "Time out."
PFF
Kiri: Antara Aza dan tiada -_,-
Kanan: Yuegene (Cosplayer from Malaysia) waktu lagi ttd posternya~


Disaat orang-orang musti belanja dulu dengan harga Rp. 150.000, demi bisa meet and greet, foto bareng, autograph. Kita, Volunteer AFA Shop mendapatkan itu semua secara gratis. Hidup gratisan! Hidup Kerang Ajaib! Ololololo ~ :3

Tapi, gak semua Cosplay Stars bisa dimintain foto. Itu semua tergantung managernya, ngijinin apa nggak? Contohnya Aza, managernya mah medit awalnya gak ngasih ijin foto bareng tapi si Azanya untung welcome dan humble banget.
It’s okay, no problem..” Inget banget si Aza bilang gitu waktu si managernya gak ngasih ijin foto ke kita-kita. Aza… sayangnya kamu wanita~

Makanya kenapa temen gue si Tika nitip salam buat Hana & Baozi ke gue, karena dia tau mereka bakal dateng ke tempat gue kerja. Sayangnya sih  Hana & Baozi ke AFA Shop pas di shift siang, itu juga di hari ke-2 kayaknya deh mereka ke AFA Shopnya, soalnya hari terakhir barang-barang mereka udah kosong. Apa yang mau mereka jualin?

Nyampe shiftnya selesai, Volunteer AFA Shop yang shift pagi kompakan bilang “Finally!” Akhirnya, selesai juga kerjaan kita jadi Volunteer. Dan Mrs. Su Hwa bilang “Thankyou untuk 3 hari ini ya.. Terimakasih atas bantuannya.”

Asli semua berlalu begitu aja, kayak hubungan kita~
Gak berasa udah 3 hari kerja jadi Volunteer di AFA ID, berkesan banget.
Begitu selesai shift, kita semua lanjut ke ruangan Volunteer buat evaluasi akhir sama… ekhem… Gajian. \m/

Ternyata udah rame di ruangan Volunteer, yang shift pagi lagi pada sharing-sharing cerita pas kerja selama 3 hari AFA ID. Kebanyakan sih curhatan dari anak ticket box dan gue cukup menyimak curhatan mereka.

Curhatannya adaa aja, Bapak-bapak yang kehilangan tiket VIPnya lah dua biji, si Bapaknya baru ngeh pas udah mau deket lokasi pengecekan tiket. Duh nyesek banget itu, nyeseknya itu kaya gue suka sama lo udah dari lama tapi lo-nya gak peka-peka juga. HATIMU TERBUAT DARI APA MAS?!

Sorry.

Terus ada juga abege yang punya tiket pas diperiksa ternyata tiketnya itu untuk hari ke-2 bukan hari terakhir, pas ditanya taunya dia nitip tiket sama temennya dan temennya teh gak ngerti bedanya tiket di hari A sama hari B apa? Asal beliin aja. Nah? Pelajaran yang bisa diambil adalah emang paling bener deh kalo mau beli apa-apa enakan sendiri, lebih puas lahir dan bathin.
Terus ada juga yang ketauan tiketnya palsu, ternyata beli di calo. Pff

Gue jadi keinget pas hari ke-2 gue sempet telat tuh, pas gue nyampe JCC tau-tau ada Bapak-bapak nyamperin gue “Neng tiket animenya neng..”
Err.. Padahal gue pake baju Staff, si Bapak ngelawak.

Banyak deh yang dishare Volunteer AFA ID di hari terakhir seputar divisi masing-masing, bener kan kata gue di postingan sebelumnya pasti ada cerita seru yang berbeda dari masing-masing divisi.

Kalo dari Volunteer AFA Shop, temen gue - yuni yang buka suara pas sesi sharing.. Kita cuma minta untuk tahun depan kuota Volunteer bagian AFA Shop diperbanyak, Kasir juga jadi 2 orang gitu. Karena ngejomplang banget, yang ngelayanin sedikit yang beli bejibun alhasil bikin antrian panjang deh, ngalangin orang jalan deh.

Dan, curhatan massal satu hati satu jiwa dari para Volunteer AFA ID adalah.. “Tahun depan gajinya naikin ya kakak~” Haha.:p

Selesai sesi sharing, yang ditunggu-tunggu tiba. Gajian!
Ada yang uang gajian dari hasil Volunteernya langsung abis hari itu juga buat jajan di AFA ID. Ada, temen gue. -_-

Abis pembagian zakat gaji, kita (Volunteer AFA Shop yang shift pagi) kepikiran buat balik lagi ke AFA Shop, mau salam perpisahan gitu deh.
Karena AFA Shop gak rame hari itu, jadi Volunteer AFA Shop shift pagi atau siang bebas ngobrol-ngobrol aja di booth. Gak lama Mrs. Su Hwa dateng dan bilang “Eh, kalian masih disini..” Terus Mrs. Su Hwa cabut bentar, pas balik tiba-tiba ngeluarin Kartu Nama dan ngebagiin ke semua Volunteer AFA Shop, ternyata itu Kartu namanya Mrs. Su Hwa. Woaa!

Ini kartu nama saya kalian simpan ya, supaya kita bisa kontak-kontakan. Ohya, tolong catat juga nama facebook kalian semua di kertas ya nanti kasih saya. Kita berteman di facebook, siapa tau AFA ID tahun depan kalian saya panggil lagi/bisa jadi partner kerja saya lagi.. Terimakasih ya sudah mau membantu :)
Kurang lebih itu yang gue tangkep dari ucapannya Mrs. Su Hwa.

Gue punya nomornya Mrs. Su Hwa, account manager SOZO men! Rejeki anak sholehah banget. Inget, perbanyak relasi itu penting. =w=

Terus akhirnya kita foto berjama’ah sama Staff AFA Shop, tapi gak semua sayangnya karena ada beberapa yang lagi ngelayanin orang.

Terimakasih untuk pertemanan singkatnya ~ :'))
Niatnya gue mau langsung pulang pas selesai salam perpisahan sama Staff AFA Shop. Eh tapi temen-temen gue yang Shift Pagi ngajakin “Cuci mata dulu, hari terakhir..” yauwis lah.

Kita keliling area Assembly Hall tapi lama di galau mau kemana, sampai akhirnya kita mutusin buat mangkal nongkrong di booth SONY. Disitu kerjaan gue cuma duduk manis ngeliat penampilan DJ nyampe bosen, sebenernya gue mau headbang atau joget-joget atau apa kek depan DJnya (Caper dikit lah sama DJnya, kali aja jodoh). Tapi, yang joget-joget laki-laki doang. Jaim dong gue.

Rencananya juga gue mau ngikutan games dari SONY, jadi kita ngikutin gerakan tarian yang ada di layar TV doang dari musik yang kita pilih, gede-gedean skor siapa yang gerakan dancenya paling mendekati sama kayak yang di TV dia yang menang. Gak dapet apa-apa sih yang menang, cuma dapet kepuasan bathin udah jijingkrakan di tengah-tengah kerumunan orang. Lumayan ngilangin stress.

Gue udah daftar padahal, tapi yang ngantri banyaak. Kata mbak-mbaknya kemungkinan gue baru dapet giliran abis Maghrib, jadi gak napsu duluan.

Atas: DJ AN-P vs DJ Kurizu
Bawah: REDSHiFT

Kan yang joget-joget laki doang :(
Boneka Smart Doll bikinannya Om Danny Cho, bening beneer~

Dan di hari terakhir juga ada semacem… Workshop kali ya, how to be a good cosplayer? Mungkin itu judulnya. Lokasinya di Mini Stage, seru, rame. Gue sempet denger apa yang mereka bicarakan (Pinky Lu Xun dan Richfield, mereka Cosplay Stars AFA ID from Indonesia). Richfield bilang untuk jadi seorang Cosplayer kunci utamanya itu konsisten dan jangan bosen untuk terus ngeksplore gerakan-gerakan. Caranya dengan nonton film/anime yang mau kita cosplay-kan. Banyak deh sharingnya, tapi gue gak catet. Mlz.

Atas: Waktu hari pertama, ada Angie lagi M&G
Bawah: Cosplay performance di hari terakhir, ada Pinky sama Richfield.
Gak lama setelah gue nonton DJ, gue pulang deh. Selama perjalanan pulang, otak gue pikirannya udah nyampe kasur duluan. Dan selama perjalanan pulang, gue udah niatin mau nyeritain pengalaman gue jadi Volunteer AFA ID 2014 di Blog sampai pada akhirnya postingan ini selesai dibuat – niat gue udah terlaksana.

Beberapa hari kemudian gue dapet kabar di grup Whatsapp Volunteer AFA Shop 2014 kalo anak-anak yang Shift Siang ternyata dapet merchandise (Beberapa barang jualan AFA Shop) GGG--GRR-RATIS dari Mrs. Su Hwa di hari terakhir. AAAGGRRH!

Sungguh teganya, teganya, teganya. Enakeun :’(
Tapi, yaudahlah belum rejeki.#SokTegar #AkuBisaHadapiSemuaIni

Ya… udah, itu aja sih yang bisa gue ceritakan (Lebih tepatnya yang gue inget) selama gue menjadi bagian dari Event AFA ID 2014. Too much yang gue kangenin dari event tersebut. Sama muka paniknya Mrs. Su Hwa kalo mulai keteteran ngelayanin orang itu lucu banget, becandaan-becandaan anak-anak Volunteer Shift Pagi, Bapak-bapak Satpam penjaga khusus AFA Shop yang rela saya ajakin ngobrol ngalor ngidul, Abang tukang Bakpao diluar JCC yang memberiku makanan dikala ku mulai lapar (Karena harga makanan di dalem JCC bikin gue mangap doang, hehew), Ibu-ibu jualan tempe mendoan (Bumbu kacangnya bikin nagih bu, tolong jualan di Kampus saya juga bu..), kak Ros kasir AFA Shop yang tak kenal lelah menghitung rupiah demi rupiah, sebutin semua ca… sebutin. -__-

Sampai ketemu di event AFA ID 2015, みんあさん

---

Halo, Thanks yang udah nyia-nyiain waktunya buat baca postingan terakhir ini. Jangan terlalu ngarep kamu bakalan dapet jodoh deh setelah baca postingan ini.( .__.)

Jujur ini postingan udah kadaluwarsa banget kebangetan. Padahal target awal gue 3 hari atau Se-Minggu setelah ngeposting Buang-buang duit yuk di Anime Festival Asia Indonesia 2014, postingan terakhir ini siap publish. Tapi, Tuhan berkehendak lain.

Sebelumnya gue mau mengucapkan terimakasih banyak buat orang-orang yang dengan Ikhlasnya mengingatkan gue akan postingan terakhir ini. Di Social Media, banyak orang yang gak gue kenal tau-tau ngemention, ngePM (Personal Message) pada nanyain “Kapan postingan selanjutnya?” dengan nada kalimat yang berbeda-beda. Ada yang nyinyir, serius nunggu kelanjutannya, dll.

Beberapa hal yang bikin postingan ini tertunda:

1. Leptop gue rusak. Bentar-bentar mati-nyala-mati-nyala gitu terus. Panas dikit kipas leptopnya langsung mati, mood gue pun ancur. Seenggaknya gue udah hampir 35% ngetik tentang hari ke-3 AFA ID waktu itu sebelum leptopnya keburu ngambek sampai detik ini.

2. Se-Minggu sebelum postingan Buang-buang duit yuk di Anime Festival Asia Indonesia 2014 terpublish, sebenernya gue kepanggil lagi buat jadi Volunteer. Kali ini di Event International Youth Camp and Concert: Indonesia Music and Mission Festival 2014 yang diadain tanggal 12-14 September 2014 di Buperta, Cibubur.

Next post aah~
  
Yang ngebedain kerjaan Volunteer gue kali ini adalah, gue direkrut untuk jadi PIC (Person in Charge) di acara tsb dan ternyata itu mengharuskan gue selama -/+ sebulan (Sampai Hari H event) buat fokus ngurusin acara tsb, tok.

Selama +/- sebulan gue bermarkas disini.
Kerjaannya ngapdet rundown, hubungi narasumber, dll.
Lieuuur~

Ketemu orang-orang baru dari berbagai Negara! /o/
Camp bareng sama mereka.
Waktu ngepublish postingan sebelumnya pun itu gue sempet-sempetin pas lagi kerja nyembari buka Blog. :’v

3. Miskin kuota Internet.
Gak usah diperdetail, intinya saya fakir Wi-fi. Males beli pulsa modem (Padahal bokek), dan ternyata Wi-fi Kampus subhanAllah kenceng banget. Saking kencengnya buka Google nyampe satu dasawarsa kemudian. :(

Kenapa gak ke Warnet kalo emang lo niat mau cepet-cepet ngepublish postingan ini?”

Warnet jauh banget dari Rumah saya. Rumah saya di Hutan Amazon. Bhay.

Ya itu 3 hal yang bikin postingan ini sangat ngaret publishnya, bahkan jadi hambar banget, udah gak seru lagi buat dibaca. Kan?

Ok, cukup ya. Sekarang ijinkan gue menceritakan sebuah dongeng pengantar tidur.. -_-

Jujur gue cukup terkejut dengan secara tiba-tiba postingan gue yang judulnya Buang-buang duit yuk di Anime Festival Asia Indonesia 2014 itu menuai pro dan kontra juga satu-satunya postingan pertama gue di Blog yang tembus 200 Komentar. Edyaan.

Gue bingung, itu postingan kok bisa dalam waktu belum sehari udah kesohor (.__.) Padahal..
Gue belum ngepromosiin postingannya ke umum (Baru ke 3 grup Komunitas Blogger kayaknya, itu juga gak ada yang respon, hiks.) Iya, biasanya gue kelar ngeposting blog pasti ngepromosiin ke orang-orang atau ke Komunitas Blogger supaya dibaca.

Gue pun tau kalo postingan sebelumnya itu kesohor banget, awal mulanya dari temen-temen Komunitas Kampus namanya PONI(PoliMedia Japan Community), yang ngecengin gue di grup Whatsapp – tepat di malem harinya dimana postingan gue baru aja di publish sore itu.

Ciee, postingannya teh-nca lagi rame euy..”
Ngakak gue baca komentar-komentar postingan blognya nca.”

Dan gue gak mudeng, “Postingan apa sih?”

Beberapa menit kemudian..
EEH, LO BACA POSTINGAN BLOG GUE YANG MANAA?!” Karena gue takut temen gue baca postingan waktu jaman alay dulu. Oke, disitu gue masih belom ngerti dengan bahasan mereka soal postingan blog gue.

Sampai akhirnya gue penasaran dan gue cek langsung Blog dari Handphone, taunya yang bocah-bocah PONI bahas itu postingan gue soal AFA ID. Gue cuma bisa berdecak kagum. Malem itu, mata gue berlinang air mata… karena perih kelamaan mantengin layar hape, ngebaca semua komentar yang masuk bejibun dari yang sangat berbobot komentarnya sampe yang cuma nyampah, ikut-ikutan bahkan ada yang malah curhat. Plz deh -_-

Ya, gue sih cukup berterimakasih aja sama orang pertama yang ngeshare link postingan Blog gue itu. Berkat lo, traffic blog gue naik drastis. Kalo tau bakalan tenar mendadak, gue kan bisa pasang iklan dulu di Blog - lumayan. :v #TeteupUUDD #UjungUjungnyaDiDuitin


Banyak yang nanya, kenapa gue gak ngerespon komentar-komentar yang masuk di postingan blog sebelumnya?
Gue baca kok semua komentarnya, tapi untuk bales komentar-komentarnya gue gak ada waktu. (Sumpah njs banget-_-) Jawabannya, bisa kembali ke Beberapa hal yang bikin postingan ini tertunda ya.

Tapi, ada beberapa komentar dari postingan sebelumnya yang menurut gue cukup penting, bakal gue bales langsung di postingan ini. Sebelumnya ijinkan gue mengklarifikasi beberapa hal terkait postingan Buang-buang duit yuk di Anime Festival Asia Indonesia 2014.

1.Di Postingan sebelumnya: “Harusnya sih AFA ID dibuka untuk umum mulai dari jam 8:00 Pagi, tapi wes biasya kalo Indonesia jam karet jadi AFA ID baru dibuka sekitar jam 10:00.

-> Ternyata ada miss komunikasi soal jam mulai dibukanya event AFA ID 2014. Karena jam 8:00 itu bukan jam AFA ID baru dibuka, tapi jam untuk para Staff dan Booth AFA ID udah hadir di JCC. Untuk AFA ID sendiri mulai Open gatenya bener di jam 10:00 dan Ticket Box pun baru buka di jam 9:00 Pagi.

Tapi waktu itu gue dapet info dari Leadernya jam 7:00 Staff udah stay di JCC, karena jam 8:00 AFA ID udah buka. Hmm. Mungkin Leadernya sudah lelah.
Thanks buat kamu yang udah ngasih tau kebenarannya.

2. Di Postingan sebelumnya, gue sama beberapa Volunteer AFA Shop yang shift Pagi agak kecewa dikit dengan tempelan Barcode yang belum dipasang di barang-barangnya padahal udah H-berapa jam AFA ID mau dibuka. Dan Volunteer AFA Shop shift pagi juga di hari pertama agak kebingungan dengan tata letak barangnya.

Berikut klarifikasi dari salah satu Volunteer AFA Shop yang shift siang:


Sebenernya bukan mesin Barcodenya yang gue bahas di postingan sebelumnya. Tapi sticker/tempelan Barcodenya ;;__;;
Yaudah lah. Gue sangat berterimakasih atas pemberitahuan ini dan minta maaf juga karena udah sempet Su’udzon sama pihak AFA Shop. Harapannya semoga tahun depan AFA Shop gak ada masalah kayak gini lagi. Lancar jaya lah.

3. (Lagi) Di Postingan sebelumnya, gak ada sama sekali tulisan gue yang melarang orang untuk punya hobi akan suatu hal. Gue lebih menceritakan pengalaman gue bertemu dengan orang-orang yang gue layani di AFA Shop dan decak kagum gue ngeliat mereka yang rela ngabisin uang banyak disitu (Karena biasanya gue cuma liat hal-hal macem itu di tipi). :|

Oh dan mungkin gue lupa nulis di postingan sebelumnya kalo temen gue, mochi sempet bilang sama gue di hari ke-2.. “Tapi maklum juga sih kak, ini kan event setahun sekali pasti banyak orang yang udah nabung dari jauh-jauh hari buat beli banyak barang di sini.

Dan gue pun sependapat dengan itu.

Itu aja sih yang mau gue klarifikasi. Next, gue mau jawab komentar-komentar yang menurut gue penting untuk dibales. Here we go! ~ /o/

1.Yahilah bro, di dunia perblogan emang kadang judul dibikin berlebihan dari pada isi postingan aslinya. Supaya pada ngeklik. Mau aja ditipu.”

A: Hehe. Itu udah terjawab ya. Gue pernah dapet wejangan dari Blogger kesohor, kalo bikin postingan blog bikinlah judul yang menarik perhatian (Bikin orang kepingin liat isi artikelnya) tapi tanpa mengurangi isi dari postingannya jadi kurang menarik lho ya.

Sebenernya gue mau ngasih judul untuk postingan sebelumnya itu ‘Bahkan event AFA ID 2014 di JCC pun kebanjiran’ dalam artian kebanjiran manusia. Tapi pas gue mulai ngetik isi Blognya, ngalir gitu aja gue malah lebih asik nyeritain pengunjung AFA ID yang belanja ini-itu. Dan entahlah begitu postingannya siap publish, tangan gue gatel ngeganti judulnya jadi ‘Buang-buang duit yuk di Anime Festival Asia Indonesia 2014’. Sama sekali gak ada niatan apapun bahkan untuk menyinggung pihak manapun, waktu gue ganti judul itu, iseng aja ( ;__;)

Dan banyak temen-temen yang bilang ke gue:
Judul postingan lo nyolotin sih ca, mancing banget. Padahal isinya gitu doang, orang kan jadi udah kebakar duluan gara-gara judul lo tanpa liat isi postingannya.”

Jadi mulai sekarang, berhati-hatilah dalam memilih judul untuk suatu berita, postingan blog atau apalah itu. Iya kak~

2. Kok lo mau jadi Volunteer tanpa tau eventnya itu tentang apa?”

A: Maksudnya gimana? Di awal postingan gue ngasih tau apa itu AFA ID loh. Gue juga daftar jadi Volunteer gak asal daftar aja kali, pasti gue cari tau dulu event tsb tentang apa? Kebetulan gue dari SMA emang seneng dateng ke event-event Jejepangan gitu kayak Jak-Japan Matsuri, Ennichisai, dll. Pas tau ada AFA ID, gue pengen banget dateng tapi kondisinya lagi bokek saat itu. Eh dapet info Open Volunteer, ya gue daftar deh dengan tujuan utama adalah......... supaya bisa masuk free ke event AFA ID. Awoakakak :v

Kalo soal ketidak-tahuan gue pas ada yang nanya-nanya seputar Cara meet and greet sama Cosplayer, dll. Itu lebih karena kurang dapet Briefingan secara detail aja sih.


Jangan serius-serius ah, nafas dulu ~
3. “Kok berani banget sih nampilin isi dari Photobook Cosplayer, barang dagangan, dll. Emang dibolehin? Emang gak ada peraturan/perjanjian gitu ya dari pihak AFA ID sama Volunteer soal hal ini?”

A: Ada. Perjanjiannya adalah Volunteer dilarang mempublish foto apapun soal AFA ID, sebelum hari H event dimulai. H-1 kan ada Briefing Volunteer tuh, kita keliling-keliling kan, pasti ada beberapa orang yang udah nyolong start foto-foto seputar H-1 AFA ID, gak apa-apa sebenernya tapi dilarang keras buat dipamerin ke umum dulu. Selebihnya? Gak ada peraturan apapun.

Jadi gue merasa gak ada masalah perihal Photobook atau barang dagangan yang gue foto. Kenapa? Postingan gue terpublish jauuh sesudah event AFA ID berakhir. Dimana, udah banyak juga pastinya orang yang punya Photobook atau barang-barang tsb hasil mereka beli di AFA Shop. Lah gue liat di Twitter ada yang mamerin isi Photobooknya King and Yao, itu gak dipermasalahin. Lagipula gue kan gak ngebocorin semua isinya. Gue moto itu lebih untuk bukti dokumentasi buat postingan Blog. Jaman sekarang bukannya No Pic = Hoax? :p

4. “Gak professional kerja lo sebagai Volunteer.”

A: Kerja gue gak professional? Tau dari mana ya?
Menurut gue, yang berhak menilai professional atau nggaknya gue kerja selama jadi Volunteer di AFA ID 2014 itu cuma Leader AFA Shop dan Mrs. Su Hwa selaku kepala suku di AFA Shop. :)

5. “Urusan internal gak seharusnya dipublish kali, cukup orang dalem aja yang tau.

A: Untuk urusan Internal, gue mengakui salah akan hal itu. Kondisinya krodit banget. #WopooSihca
Tapi untuk masalah Internal……… sebenernya cuma 1 hal sih yang gue bahas, soal tempelan barcode aja. Dan itupun udah dapet klarifikasi juga dari sesama temen Volunteer.

Karena niat awal gue pure nyeritain yang sebenar-benarnya pengalaman gue di AFA ID, ya gue ceritain semuanye, tanpa gue kepikiran dampak dari tulisan gue yang terlalu jujur. Iya, kata temen tulisan gue terlalu jujur, frontal, dll. ( ;__;) Aku begini adanyaa~


Tapi disisi….. mendingannya. Berkat masalah internal yang gue bahas, beberapa orang bilang bisa jadi masukan juga buat AFA ID tahun depan (Ya.. Kalo dari pihak AFA IDnya ada yang baca, kalo kaga?).

6. “Tulisan lo terlalu rasis, diskriminatif.”

A: Astaghfirullah. Komentarmu nak menyakiti hati inih~ (/ =3=)/

Rasis menurut Wikipedia. :O
Tulisan gue Rasis? Setelah gue baca lagi postingannya, ternyata gue baru sadar kalo gue mencantumkan suatu etnis (I said China glodok..) dan kategori kelompok tertentu (Orang bertatto..) di postingan Blog sebelumnya, tapi jujur gue gak punya tujuan apapun waktu mencantumkan hal-hal tsb. Itu cuma bercandaan aja, yang ternyata dampaknya malah kurang baik (Sebagian orang menganggap itu bukan bercandaan dan mereka malah menganggap gue menjelek-jelekan). Yasudahlah :’)
Tapi coba deh dibaca lagi pengertian Rasisme yang sesungguhnya, apa postingan gue benar-benar sangat Rasis?

Mungkin ini juga bisa jadi pembelajaran bagi gue untuk lebih teliti dalam memilah-milih kata dan gue jadi bisa belajar juga untuk menulis lebih baik lagi. Mohon maaf apabila ada pihak yang tersinggung atas ke’rasis’an tulisan saya.

Diskriminatif? Membeda-bedakan. Please tell me, kalimat mana di postingan gue yang diskriminatif? Apa yang gue beda-bedakan? ( -__-)a


Nah, yang terakhir ini penting banget. Banyak banget yang ngebahas ini, gak cuma ada di Blog, Message fesbuk, Twitter tapi sampe ada yang niat ngirim e-mail ke gue juga cuma buat hal ini.

7. “Gimana sih caranya jadi Volunteer kayak lo? Gue pengen deh ngerasain pengalaman kayak lo, kayaknya seruTau info gituan dari mana sih?” ((GITUAN))

ITU AJA CA?! SANGKAIN APAAN!

A: Penting loh. Ternyata masih banyak orang yang gak tau caranya jadi Volunteer atau gak tau cara bisa dapetin info-info seputar Open Volunteer sebuah event dari mana? Baiklah, dengan sangat berat hati saya akan memberitahukan rahasia ini. Njs luh, ca.
Gue juga baru mulai tertarik daftar-daftar Volunteer gitu pas Kuliah sih. (Gak nanya juga gue, ca.) Oke, BHAY!

Info Open Volunteer itu banyaak, gue mendapatkan info-info tsb dari beberapa akun Twitter terpercaya. Sebut saja:
(Klik aja gambarnya..)


Akun-akun diatas sering banget ngeshare info Open Volunteer untuk event-event besar. Java Jazz, Indonesia Fashion Week, Indonesia Book Fair bahkan pernah ngeshare info Open Volunteer untuk acara di luar negeri kayak Festival Film Cannes, dll. Selain ngeshare info Open Volunteer, khusus buat @KampusUpdate sama @IDStudentJob, mereka juga ngeshare info lowongan kerja full/part time, freelance, internship. Kurang enak apa hidup lo tinggal di jaman sekarang?

Tinggal pinter-pinter lo memanfaatkan Social Media aja sih. SocMed jangan dipake buat ngegalau doang mangkanye, cari info-info yang bisa nambah wawasan dong. (Eh kok lo begaya banget sih, ca? Ngaca kayak gak pernah ngegalau aje lo.)

Gue juga punya temen, namanya datul. Baru kenal persis itu juga pas di AFA ID 2014, ternyata dia satu kampus sama gue cuma beda Program Studi. Gue julukin dia, Volunteer Hunter. Karena begitu gue kenal dia, buseet dah info seputar Open Volunteer ngalir terus kaga berhenti-berhenti. Relasi dia banyaak banget deh, pepetin aja. Dia single juga kayaknya. *Khusus Pria yak :v
Selain ketiga akun Twitter diatas, gue juga merekomendasikan si datul untuk kalian.

… Ohya, sejujurnya gue sama sekali gak takut, parno atau sedih waktu dapet Komentar-komentar yang kontra di postingan Buang-buang duit yuk di Anime Festival Asia Indonesia 2014. Gue malah seneng, karena pada akhirnya ada komentar yang bener-bener ngasih kritik dan saran untuk cara penulisan gue di Blog baiknya gimana. Suatu kebanggan bagi seorang Blogger adalah ketika tulisan di Blognya itu dibaca, dikomentari, dan diberi kritik juga saran. Tsaaik. :3

Gue juga minta maaf yang sebesar-besarnya, kalo emang postingan gue sebelumnya bahkan juga yang ini masih ada beberapa pihak yang merasa tersinggung. Seriously, gue sama sekali gak ada niatan untuk itu. Gue aje kaget waktu tau postingannya kesohor, yang biasanya cuma dikunjungin, dibaca, dikomentarin sama paling banter 10 orang. Ini ratusan. SubhanAllah. X’D
Dan kalo kamu baca postingan blog aku yang sebelumnya lebih nyantai aja, sebenernya itu semua becandaan belaka. Iya, becandaan aku kayak gitu. Ngeselin ya? :(

Udahan ah, sumpah tangan gue keram ngetik sepanjang ini. Kayaknya ini postingan pertama di Blog gue yang tzuper panjaang. Sekali lagi terimakasih banyak gak pake banget buat lo yang udah mau khatamin baca postingan gue.

Selamat menunggu postingan baru lainnya.
Peace, Love and Please marry me Zayn.


Anw, judul yang enak untuk postingan ini apa ya?

0 Komentar