Buang-buang duit yuk di Anime Festival Asia Indonesia 2014

ِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Jakarta.
Siapa yang gak kenal, hari gini? Ibu Kota Indonesia yang udah kesohor banget dengan macet dan banjirnya, selain itu Jakarta juga gak pernah absen jadi tempat utama diadainnya event-event besar and bergengsi, sebut aja Jak Cloth, Java Music Indo, Indonesia Fashion Week dan gak kehitung lagi lah saking banyaknya event yang sering diadain di Jakarta.
Nah, terhitung dari tanggal 15, 16, 17 Agustus 2014 kemarin lagi-lagi Jakarta punya jadwal event yang musti banget dikunjungin buat lo para Japaniac atau para Gamers, ada 2 event: Anime Festival Asia Indonesia 2014 dan Indonesia Game Show yang sama-sama diadain di Senayan Jakarta Convention Center (JCC). Tapi kali ini gue cuma mau ngebahas salah satu event tersebut.

\o/
Siapa yang gak bangga bisa jadi bagian dari sebuah event besar, bener gak? Gue sih cukup bangga, tanya dong kenapa? Soalnyaaa.. Gue jadi Volunteer di AFA ID tahun ini. ( / =3=)/ ~
Buat yang gak tau, apaan tuh Volunteer? Volunteer itu bahasa yang kerenan dikit dari Relawan. Banyak banget kok event-event besar yang biasanya Open Recruitment untuk Volunteer. Enaknya jadi Volunteer apa? Lo bisa punya kenalan baru, lumayan kan nambah daftar list temen, sapa tau nemu jodoh juga, who knows? Udah gitu lo jadi punya pengalaman baru, hal-hal yang kadang ada aja yang gak bisa dilupain. Pengalaman itu gak bisa dibeli tapi dicari sendiri, guys!
Terus dapet Sertifikat dan merchandise, tergantung eventnya sih.. Yang paling standar itu lo dapet Kaos sama ID Card kepanitiaan. Syukur-syukur kalo eventnya tau diri udah make jasa Volunteer mah, biasanya kita suka dikasih fee/komisi. Dapet makan mah udah pasti, kasian kali anak orang gak di kasih makan. Pff

Gue sendiri udah 3 kali jadi Volunteer. Di Jakarta International Film Festival 2013 – gue jadi LO (Liasion Organizer/Officer), Pengetikan Ulang Buku untuk Tunanetra yang diadain sama Federal Netra Community terus Volunteer di AFA ID deh dan kali ini gue ambil bagian di Managing AFA Shopnya untuk jatah Shift Pagi dari jam buka AFA ID sampe jam 15:00 Siang.
Managing AFA Shop? Ya bahasa kasarnya gue jualan di booth resmi AFA, ngelayanin pengunjung yang mau beli barang-barang di AFA Shop, gitu. Tapi, gue enjoy kok sama pekerjaannya – karena gue nemu banyak pembeli yang aneka ragam dan kalo inget itu, tangan gue gatel pengen nyeritain semuanya disini. AFA Shop sendiri kebagi jadi 2 booth: Booth khusus jualan kaos AFA, Anisong, dll sama Booth khusus jualan merchandise internasional cosplay stars + barang-barang anime. Gue milih buat jualan di Booth Merchandise.

Btw, gue gak akan ngebahas ada apa aja di AFA ID? Udah jelas lah ya dari judulnya aje Anime Festival Asia pasti isinya nyaris semua yang berbau Jepang.


Gue mau nyeritain ngapain aja sih gue selama 3 hari jadi Volunteer disitu. Siap-siap pegel mata yak, postingannya bakal panjaaang banget. Dan mungkin bisa berseri kayak Tukang Bubur naik Haji.. (.__.)

Yang gak kuat, lambaikan duit aja dari sekarang.

Biasanya sebelum hari H sebuah event, pasti ada briefing. Volunteer juga di brief, diarahin apa aja kerjaan lo pas hari H. Karena sebelumnya gue udah dikasih tau kedapetan jatah dimana lewat e-mail, jadi pas briefing gue cuma tinggal nyari temen yang sama-sama kedapetan kerja di AFA Shop terus lanjut kumpul sama Ketua divisinya masing-masing, bla.. bla.. dikasih tau juga kalo Volunteer AFA Shop punya bos dari pihak SOZO (Penyelenggara AFA ID) yang nantinya bakal ikutan turun tangan, namanya Oh Nina Bobo Oh Su Hwa – orang Singapore dan tragisnya Mrs. Su Hwa gak bisa bahasa Indonesia jadi kalo ngomong sama do’i musti pake bahasa Inggris. Dan itu bencana besar buat gue, terlebih dialeknya Mrs. Su Hwa itu English Singapore China glodok – agak sulit dimengerti. :|
Terakhir setelah anak-anak AFA Shop dikenalin sama Mrs. Su Hwa, kita diijinin keliling-keliling atau langsung balik.

Briefing diadain tanggal 14 Agustus 2014, H-1 sebelum acara.

Ohya, ada beberapa divisi lain selain Managing AFA Shop di AFA ID. Diantaranya bagian Main Gate, Main Stage, Ticket Box, AFA Cafe, Fotografer, gue lupa apaan lagi. Dan semuanya pasti punya cerita masing-masing di divisi yang mereka dapetin.

Lagi pada ngantri buat pembagian Kaos Volunteer.

Day 1: 15 Agustus 2014.

For the first time selama gue libur kuliah terhitung dari bulan Juli lalu, gue merasakan keluar rumah di pagi buta. Jadi perintah dari ketua divisi gue (kak Arka) usahain jam 7 Pagi udah stay di JCC, karena kita musti bebenahin barang-barang yang bakalan dijual. Dan gue berangkat jam 5 Pagi dari rumah, you know? Itu hal yang “Gila gue gak nyangka bisa bangun sepagi ini dalam keadaan udah mandi!” ((UDAH MANDI))
Temen nyaranin gue buat berangkat di pagi buta juga, supaya bisa naik TransJakarta (TJ) yang lebih sepi dan harga tiketnya juga lebih murah cuma 2.000, karena katanya kalo udah jam 6 Pagi lewat penumpang TJ kemungkinan berubah jadi predator semua, ganas. (.__.)

Dan sepanjang perjalanan, gue akhirnya tau kalo “Woogh baru jam 5 Pagi, tapi udah ada kehidupan.” Gue ngeliat sayur-sayur yang masih seger yang baru aja turun dari mobil bak, emak-emak tjuy ada yang udah belanja jam segitu. Angkutan umum juga udah banyak yang keisi sama orang-orang mau kerja. Kemana aja gue selama ini? Tidur di pangkuan Sam Tsui.


Begitu gue sampe di JCC, AFA Shop masih sepi.. ternyata saya terlalu rajin. Sembari nunggu, gue keliling aja sama temen yang gak lama setelah gue dia dateng. Mumpung masih sepi, kita foto-foto.

Atas: Di Mini Stage, tempat  M&G sama Cosplay Stars
Bawah: Booth ANIMAX.

Someday, mau punya Mobil kayak gini tapi gambarnya tokoh2 perwayangan. AAMIIN
Harusnya sih AFA ID dibuka untuk umum mulai dari jam 8:00 Pagi, tapi wes biasya kalo Indonesia jam karet jadi AFA ID baru dibuka sekitar jam 10:00. Penghuni AFA Shop baru pada dateng sekitar jam 8an dan gak lama, kita mulai grasak-grusuk. Gue kebagian guntingin harga buat ditempel, ada juga yang ngedisplay barang-barang, semua sibuk. Satu hal yang gue kecewakan dari pihak SOZO, khususnya mereka yang kebagian ngurusin AFA Shop. Disaat jam udah nyaris nunjukin kalo AFA ID bakal segera dibuka, disaat itu juga Mrs. Su Hwa kucluk-kucluk dateng dan bilang dengan logat Englishpore China glodok nya “Seseorang tolong saya untuk pasang tempelan barcodenya di semua barang.. Hurry! Hurry!” HAR ARI MANEH! KAMARI TEH KAMANA WAE? NGAJOGROG?!

Volunteer AFA Shop lumayan kesel. Secara kita pikir barcode udah dipasang semua di barang-barangnya, taunya belum sama sekali. Kenapa gak pas H-1 sebelum acara gitu masang barcodenya? Disaat lagi riweuh, ada pengumuman suara kalo AFA ID telah dibuka. Dan pada akhirnya, barcode gak kepasang semua. Audah tuh gimana nasib kasirnya ngakalin supaya pas orang beli, harga barangnya langsung tertera di monitor komputer. Secara barang yang dijual seabreg.

Selang beberapa menit setelah pengumuman suara, Gedung Senayan JCC resmi kebanjiran manusia. Gue takjub bukan maen.. AFA Shop juga langsung rame, ramenya gak tau diri. Jujur, gue pikir AFA Shop kaga bakalan laku, sepi pengunjung. Ok, jahat banget. Abisan barang-barang yang dijual harganya nyekek leher. Karena gue yang kebagian nempelin harga di barang, gue jadi tau. Barang yang paling murah itu kayaknya 30.000 dan paling mahal sekitar 600.000. Bagi Mahasiswi mental pengiritan kaya gue sih, harga segitu termasuk kejam. :(

Coba hitung berapa helai rambut dalam foto ini.
Enaknya jadi Volunteer AFA Shop adalah tugas kita cuma ngelayanin tok, gak musti promosi “Ayo beli kakak.. Liat-liat aja dulu kakak barangnya..” Karena, pembeli datang tak dijemput pulang tak diantar dateng bejibun dengan sendirinya. Untuk hari pertama, beberapa Volunteer AFA Shop banyak yang bingung dan keteteran pas ngelayanin. Jadi, sistim pelayanannya adalah pembeli dateng - nunjuk barang yang dipengenin (Gambar-gambar barangnya udah tersedia di katalog gitu..) - Volunteer ngambilin barang yang pembeli mau - barangnya ditaruh di kotak - si pembeli dikasih nomor antrian - bayar deh.
Yang jadi permasalahannya adalah tata letak barang gak beraturan naruhnya, Volunteer AFA Shop yang shift pagi juga rata-rata pada gak ngerti Jejepangan (Termasuk gue..)

Mbak, ada photobooknya Ying Tze? Mbak, Poster Mon nya yang Miku.. Mbak, jual mug nya Levi gak? Mbak bisa liat photobook Aza yang 003 & 004? Mbak.. Mbak..” AAABCDEF!@#$.
Gue gak tau siapa itu Ying Tze, Mon, apalah.

Mbak/Mas, liat langsung gambar yang ada di katalognya aja ya, pilih mau yang mana biar nanti saya carikan barangnya.”
Cuma kalimat itu yang gue lontarkan. Karena gue dan beberapa Volunteer buta banget sama hal-hal kayak begituan.

Kerja di AFA Shop itu bener-bener gak berasa (Khususnya yang Shift Pagi), tau-tau udah jam 15:00 aja. Karena saking padetnya – saking ngantrinya, jadi gak ada jeda buat gak ngelayanin orang, baru kelar ngelayanin si mas anu udah musti ngelayanin yang lain lagi yang baru masuk antrian. Capeknya gak usah ditanya, badan asa ringsek khususnya bagian kaki, paha, betis. Secara gak duduk, mondar-mandir mulu ngambil barang.

Gue percaya dengan pepatah “Bisa karena terbiasa..” itu bener banget. Pada akhirnya gue bisa ngelayanin para pembeli dengan cukup baik, benar dan fast respon. Gue jadi hafal tata letak dan barang apa aja yang dijual, gue juga jadi tau kalo Ying Tze, Mon, Rachfield, Hana & Baozi, dll itu mereka Cosplay Starsnya di AFA ID dan mereka ngejual Photobook, Postcard, Poster diri sendiri gitu di booth AFA. Narsis banget.

Untuk barang anime sendiri di booth AFA yang dijual cuma ada 3 judul: Attack on Titan, Hunter X Hunter dan Madoka Magic. Tauan aja kan saya mah.. (._.)

COBA APA-APAAN BARANG SEUPIL GITU HARGANYA CEPEK REBU?!
Photobooknya cuma sekitar 15 lbr-an lah, dan isinya foto-foto doaaang! Wtf, harganya mahal bgt.
YANG COWOK DILARANG MIMISAN!

Begitu shift selesai, gue sama beberapa temen Volunteer mutusin buat keliling bentar. Sebenernya kaki udah gak sanggup buat jalan, rasanya mau ngesot atau duduk di trolly belanjaan kayak di Carrefour dan minta didorongin sapa kek gitu, cuma iman ini tergoda mau liat-liat ada apa aja sih di AFA ID. Tapi pada akhirnya, kita cuma mampir paling lama di booth Kamera CANON karena mau keliling itu udah sesek napas duluan liat manusia-manusianya. Jadi booth CANON lagi promosi printer foto gitu dan kita bebas foto di studio mini mereka terus hasil fotonya bisa langsung cetak. Naluri gratisan gue dan temen-temen Volunteer muncul, kita pun foto beberapa kali dan baiknya CANON fotonya dicetak semua! Padahal tadinya gue pikir cuma 1 gaya doang yang bakal dicetak.

Terus ternyata ada cetak foto gratisan juga di booth ANIMAX. Wohow!

Ya kita sih cari yang gratisan-gratisan aja.

Hasil cetak foto di CANON :p

Day 2: 16 Agustus 2014

Hari ke-2 AFA ID, gue dateng lebih siang sekitar jam 9:00 Pagi karena ada kendala di Kereta dan begitu nyampe di JCC ternyata massanya udah pada siap tempur. Antrian udah penuh, panjaaang. Feeling di hari ke-2, gue bakalan kerja lebih rodi lagi dibanding hari sebelumnya. Yang gue syukuri adalah AFA Shop lebih tertata hari itu. Banyak barang yang udah dinamain, dipisah-pisahin, jadi lebih mempermudah Volunteer. Begitu AFA ID dibuka, sama kayak hari pertama rem pengunjungnya langsung pada blong.

Wujud AFA Shop.
Terhitung dari hari pertama, gue sama beberapa temen Volunteer gak henti-hentinya memuja kerang ajaib para pengunjung AFA ID. Gimana nggak muja? Pengunjung AFA ID teh edan semua, mereka gak punya rasa kemanusiaan sama isi dompetnya. Gue rasa bukan cuma booth AFA Shop aja yang kedatengan pundi-pundi rupiah dari kantong mereka, booth lain pun sama.
Gue disini sebagai – orang yang menjual barang – sih, seneng-seneng aja barang dagangan laris manis. Meskipun bukan dagangan gue. Pff

bu, barang sebanyak ini buat Ibu?” tanya gue ke Ibu-ibu yang belanja di AFA Shop. Do’i tajirnya kebangetan, jari-jari tuh enak banget nunjuk ini - nunjuk itu, gak pake mikir - gak pake liat harga.

Oh iya buat saya..”
Ibu demen Cosplay? Demen Anime?
Saya collector mbak. Saya seneng ngumpulin barang-barang anime, cosplay gitu. Toh, kan nantinya bisa saya jual lagi kalo saya udah bosen jadi collector. Hehe..” Hooh kitu.

Orang-orang yang dateng ke AFA ID mah gak cukup ngantongin duit sejuta kali ya ca..” kata temen Volunteer gue, Trendo.

Dan gue meng-iyakan. Karena itu semua nyaris bener.

Gue kan juga sesekali suka nengok ke Kasir dan banyak pengunjung yang nominal barang belanjaannya nol-nya ngajakin ribut nyampe 6 biji. Jutaan!
Sedangkan gue cuma bawa duit 50.000/hari selama jadi Volunteer. Aku bisa apa? cuma bisa gigit plastik bekas barang dagangan yang udah dibuka. :(

Buruan mau apa lagi? Ini kita ngantrinya aja nyampe 1 jam lebih, mumpung udah di depan boothnya borong aja sekalian deh.. Mama males kalo ntar musti ngantri lagi.”

Udah, ma itu aja.”
Beneran? Gak ada yang mau ditambah lagi?
Iya udah, aku bingung pas udah nyampe boothnya mau beli apa aja.”
Tuh gimana sih kamu mah, coba dipikir-pikir lagi. Bentar ya mbak, males saya abisnya kalo musti ngantri lagi.”
Hehe, iya bu gak apa-apa.

Yak, itu dia percakapan salah satu pembeli yang gue layani. Gue masih inget banget dia orang chinese gitu. Men, kalo gue jadi anaknya gue dengan sangat brutal bakalan milih ini-itu meskipun gue gak demen-demen amat sama barangnya. :p
And you know? Barang yang udah mereka pilih itu aja total harganya hampir sejuta dan emaknya masih nanya mau apalagi?
BU, ADOPSI SAYA BU.. SAYA IKHLAS JADI ANAK IBU..

Semua kalangan ada lah di AFA ID. Dari mulai bocah pinyik, lansia, bahkan anak metal. Metalnya sih gak kayak yang di jalanan gitu, cuma banyak tatto aja. Kira-kira para pria bertatto itu ada 4 orangan, 2 orang sih keliatan banget demen sama cosplay cewek gitu.

Mbak, kalo saya mau meet and greet sama Angie caranya gimana sih?”
Gue juga bro, mau ketemu sama Aza.”

Gue cuma bisa nyengir. “Ini badan doang bertatto, tapi hati heavy rotation..
Dan gue ngejelasin ke mereka kalo mau meet and greet atau autograph sama cosplay stars caranya cukup belanja minimal 150.000 di AFA Shop terus struk belanjaannya jangan sampe ilang buat tanda bukti pas acara meet and greet atau autograph di mini stage. Apa kabar 2 orang bertatto lainnya?

Mbak, kalo itu apaan sih mbak?”
Mbak coba liat yang gambar ini dong mbak..”
Mbak, cosplay ceweknya siapa aja sih emang?”
Ketauan banget mereka berdua cuma ngintilin temennya doang dateng ke AFA ID.

Lama banget lu bro, buruan mau beli apaan? Ngantri coy..” Kata temennye yang udah beli.
Lo beli apaan itu?”
Gue beli posternya Aza, si anu beli photobooknya Angie. Udah samain aja, biar bisa meet and greet.”
Yaudah samain aja deh mbak sama temen gue.”
Photobooknya Angie udah abis mas. Adanya Ying Tze.. Mau?”
Ying Tze itu yang mana mbak?” Dan gue ambilin photobooknya Ying Tze.
Berapaan ini mbak?” Sembari 2 orang itu buka-buka photobooknya.
175.000 mas.”
Buset gini doang isinya foto-foto doang mahal amat ya bro..”
Yaudah deh mbak nggak jadi beli. Gue juga kaga kenal dia siape? Hahaha..”

Pengen gue setrika rasanya kulit mereka, biar pada ilang tattonye.

Semua kalangan ada.. Eh ada si abang bertatto itu ~
Ada lagi bocah-bocah abege laki, yang ngelayanin sih temen gue si Bimo.
bang, gue beli photobooknya Ying Tze dua ya.”
1 aja udah puas coy, foto-fotonya kan bikin mupeng.. Mau ngapain lu? Haha” kata temen gue si Bimo.
Ya gue beli 2, yang 1 buat dipamerin ke temen-temen yang 1 lagi buat gue simpen di Kamar. Tau lah.. HAHA
Wtf gue cuma bisa ngakak denger percakapan mereka.

Kalo inget pembeli-pembeli di AFA ID itu jadi kenangan sendiri. Kebanyakan sih mereka beli buat kado dan koleksi pribadi. Gak jarang gue nemuin pembeli yang milih barangnya lamaaa banget sampe gue ngantuk nunggu dia mau milih barang apaan, lama mikir (Ini karena liat harga..), galau dulu, asal tunjuk, nelpon dulu ke temennya (Biasanya beliin barang titipan..), dll. Gue sekarang tau rasanya jadi orang-orang yang suka jualan di mol-mol. Sabar, itu kunci utamanya.

Dan pada akhirnya gue bisa liat dengan mata gue sendiri, orang fanatik itu yang kaya begimana? Contohnya pengunjung AFA ID. Ada yang nangis gara-gara photobook Hana & Baozi sold out. Ada yang teriak-teriak baru liat poster Yuegene doang, ada yang nyampe 3 hari dateng berturut-turut cuma buat beli semua koleksi, jadi di hari pertama uang dia abis dan dia bilang “Tolong simpenin barangnya ya kak, besok aku dateng lagi deh..” Buset. HTM AFA ID aje udah mahal, dan dia rela dateng lagi demi satu atau dua barang yang belum kesampean dibeli.
Photobooknya Hana & Baozi yang lares manes. MEREKA COWOK!
Di hari ke-2 feeling gue bakal kerja lebih rodi itu bener, karena terlalu banyaknya pembeli (Antriannya nyampe ngelewatin 3 booth lain dari lokasi AFA Shop.. Bisa bayangin gak?) penyakit Vertigo gue sempet kambuh. Baiknya pihak SOZO nyuruh gue istirahat dan mereka ikut bantu-bantu, bahkan Volunteer diluar AFA Shop juga ditarik buat bantuin ngelayanin pembeli, karena terlalu membludaknya hari ke-2.

Banyak duit yang kebuang di AFA ID. Rasanya mau gue comotin itu duit selembar demi selembar, sayang ntu duit kebuangnya bukan di tong sampah atau di jalanan, tapi kebuang di kantong orang-orang yang ngediriin booth di AFA ID.

Ohya, yang bikin hari ke-2 itu lebih penuh dibanding hari sebelumnya adalah karena ada JKT48! Gue inget banget, karena temen gue curhat disuruh jualan lightstick. Wqwq
Dimana ada JKT48, disitulah ada vvota.

Well, masih ada hari terakhir pengalaman gue jadi Volunteer AFA ID. Banyak yang mau gue ceritain sebenernya, tapi postingan ini kayaknya udah panjang banget. Bersambung dulu deh..

Terimakasih banyak loh yang udah luangin waktunya buat baca postingan yang lebih ke curhatan ini.

--- PSS.. Postingan selanjutnya udah bisa dibaca disini lhoo.

1 Komentar

  1. Segera bergabung di HASHTAG OPTION, Platform Trading FOREX berbasis di Indonesia.
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT


    Jika anda bingung mencari broker yang aman dan tercepat, anda bisa bergabung bersama kami.
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus