[ASAREJE] Novel: Hijabers In Love.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

Bila saja hati ini mampu tuk lukiskan,
ingin kutuliskan semua.
Ini puisi tentangnya.
Tentang dia…
Tentang sebuah nama,
Yang hanya terucap dalam do’a.
Tenggelam di lautan kata yang tak pula kutahu arahnya.

Puisi sederhana, mewakili banget perasaan orang-orang yang lagi jatuh cinta tapi cuma bisa dipendem aja. Macem urang gini lah. #NYESS
Dan gue gak bosen untuk membaca puisi tsb berulang kali. Puisi siapa sih, ca? Gak tau deh siapa yang ngarang, tapi puisi yang lo baca itu terlampir di dalam Buku Hijabers in Love karya mbak Oka Aurora.

Ehya halo, long time no post ya! ~ /o/
Di postingan kali ini gue mau kembali me-review sesuatu, setelah lama gak nge-review. Pertama kalinya gue jajal nge-review itu… Film: Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dan sekarang gue mau kembali menghidupkan rubik ASAREJE: Asal Review Aje, yang dulu sempet gue janjikan bakal sering hadir di Blog ini.

Jadi, 10 Oktober lalu (Gile udah lama banget..) gue dapet kiriman paket yang isinya Novel Hijabers in Love dari seorang Produser kenamaan Om @ichwanpersada. :3

Oke, semua berawal dari postingannya Om @ichwanpersada di salah satu grup fesbuk yang gue ikuti.


Dan jiwa gratisan ini terpanggil, gue pun ikut berkomentar di postingannya Om Ichwan. Sampai gak lama ada notification kalo gue di mention sama Om Ichwannya, gue pikir apa gitu? Taunya…

Rejeki anak sholehah :'))

Now, it’s time to Re-vi-ew!

Sebelumnya gue mau ngasih tau dulu spesifikasi dari Buku ini.


  • Judul Buku: Hijabers in Love.
  • Penulis: Mbak Oka Aurora (Diangkat dari cerita asli karya Om Ichwan Persada).
  • Ketebalan Buku: 187 Halaman.
  • Kategori/Genre Buku: Fiksi? Katanya mah diangkat dari cerita asli, tapi belum tentu nyata. Jadi ya, gue anggap ini fiksi. :p
  • Target Pembaca: Remaja dan Dewasa.
  • Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sejujurnya gue gak terlalu suka dengan cover bukunya, kenapa?

1. Karena menurut gue pribadi. Baca Novel itu bakalan lebih seru kalo sembari kita ngebayangin/menerka-nerka juga wujud dari si tokoh yang ada di dalam Novel tsb. Ya mukanya lah, ya tubuhnya, dll. Asik aja gitu secara gak langsung otak jadi diajak buat ngesketsa gambar si tokoh dalam Novel.

Kalo covernya berupa foto? Gue kan jadi tau wujud asli dari tokoh-tokohnya dan pas gue baca isi novelnya, eh cerita yang di Novel tentang fisik si tokoh gak sesuai dengan apa yang gue harapkan. Begitu. :|

2. Dan kenapa cover bukunya harus poster dari filmnya? Oh mungkin sekalian promosiin filmnya juga kali ya. :p
Tapi cover berupa Illustrasi lebih eye-catching aja menurut gue.

Lanjut.

Gue selesai baca Buku HIL (Hijabers in Love) itu dalam jangka waktu 2 hari, termasuk lama. Karena biasanya gue baca Buku Novel yang gak terlalu tebel semacam HIL setengah hari pun udah selesai. Waktu itu gue bacanya nyambi ngerjain hal lain sih, tugas Kampus, tugas Komunitas, dll. Jadi kurang fokus sama Bukunya. Hehe

Annisa, seorang gadis remaja yang baru pertama kali jatuh cinta. Dan sekalinya dia jatuh cinta eh sama Ananda, Ketua Rohis di SMAnya. Anak Rohis mana kenal istilah pacaran, iya kan?
Annisa yang tomboy dan hobi main Basket tiba-tiba memutuskan buat Berhijab dan ikutan Rohis, demi bisa deket sama Ananda.
Kasihannya Annisa, kayaknya sih Ananda gak peka akan perhatiannya. Ananda malah bersikap lebih ramah dengan Jelita, seorang gadis berhijab yang kalem, lembut dan seneng membaca. Dan you know what? Jelita itu Sahabat karibnya Annisa.

Pernah ngalamin kayak gini? Suka sama cowok, tapi si cowok malah lebih respeknya sama temen kita sendiri. #NYESS

Di dalam bayangan Annisa, pasti cewek semacam Jelita-lah yang disukai Ananda. Secara Jelita tipe cewek Shalihah gitu. Sampai suatu hari, Annisa tau kalau ternyata Jelita juga mencintai Ananda. Annisa galau abis. Apakah dia harus menjaga persahabatannya dengan Jelita atau mengungkapkan perasaannya ke Ananda?

Sebenernya kalo untuk cerita, ini mainstream banget.

Bahkan cerita di FTV pun terkadang begini, sepasang sahabat yang sama-sama suka dengan 1 orang yang sama dan dilema lah. Ada yang malah jadi musuhan sama Sahabatnya, ini semua gara-gara Cinta. Kasihan Cinta selalu dipersalahkan.
Oh salah ding, bukan Cinta ini. :v

Tapi, yang berbeda dari Novel ini adalah bagaimana si penulis menyajikan cerita cinta remaja dari sisi ‘mereka yang paham akan Agama’ (Islam pastinya). Selama ini kan cerita cinta seringnya dikisahkan oleh orang-orang yang sorry to say golongan umum. Kalo di Novel HIL ini diceritainnya Ananda seorang yang alim dan Ketua Rohis pulak, dan jelas-jelas dia tau kalo ‘pacaran’ itu gak ada di Kamus Agama Islam, Jelita pun sama taunya. Dan ada Annisa yang selengean yang baru menjajaki dunia Islam.

Gregetnya itu.. Apa ya? Saat lo menyukai seseorang secara menggebu-gebu, tapi lo tau dalam Agama lo itu gak boleh pacaran bahkan sebenernya berduaan dengan yang bukan Makhram atau lawan jenisnya pun dilarang. Lo bisa apa? Cuma bisa mendem perasaan tsb, dan bisa jadi kayak Jelita perasaan sukanya ke Ananda ia salurkan lewat Puisi dan Lagu. Sweet~

Yang gue suka di Novel ini adalah karakter Annisa, dia punya rasa ‘ingin tahu’ secara berlebih. Apalagi dia baru menjajaki Agama Islam. Bentar-bentar nanya dan pertanyaannya itu pasti pernah kepikiran di benak kita juga.

“Kok ada ya orang yang tahan pake jilbab berlapis-lapis?”
“Katanya musik itu pintu masuknya setan? Emang bener gitu?”

Dan pertanyaan-pertanyaan Annisa lainnya yang pasti bakal dijawab di Novel HIL. Annisa juga tipe orang yang apa adanya, gak dibuat-buat dan berani. Gue selalu suka dengan karakter perempuan macem gitu.

Klimaksnya itu ya… Ketika Annisa tau kalau Jelita juga suka sama Ananda.

Aku salah apa? Aku gak ngerti. Aku kan gak bisa ngatur aku mau suka sama siapa? Itu kan Tuhan yang kasih.” – Jelita.


Hal yang gue suka lainnya adalah gaya penulisan di Novel HIL itu dibuat ‘anak muda’ banget. Kekinian lah, contohnya?
*PS:
Kul dul = Kuliah dulu.
Sih = Sik.

G4UL banget kan? Abege-abege jaman sekarang ya gitu suka nyingkat-nyingkat atau ngeganti bahasa aslinya, macem begitu lah. :))
Terus di dalem Novel HIL suka disisipin beberapa quote yang #NYESS.

Carilah yang memang kamu cintai, bukan yang kamu pikir kamu cintai.”

Nah eta. Kadang di usia yang rentan labil, banyak abege-abege suka udah pada yakin banget tuh kan kalo dia cinta matinya sama si anu. Padahal sapa tau itu baru pemikirannya dia aja? Belom cinta yang bener-bener cinta.

Gue ngomong apasih ( .__.)

Terakhir. Novel HIL ini kaya akan kamus mini :p

Nyampe 4 bintang catatan mininya~


Jadi buat kamu yang kuper. Kamu bisa dapet hal lain pas baca Novel ini, yakni menambahnya kosakata baru buat disimpen di otak kamu. :p
Eh bagus loh, Novel HIL ini cukup detail ngasih keterangan kalo ada kata-kata yang awam atau belum banyak diketahui orang.

Nah, diantara banyak halaman yang ada di Novel HIL. Gue menemukan satu kata yang Typo nih. Di halaman 87, gue gak tau sih penulis sengaja atau emang typo beneran yang harusnya Cover jadi Kaver. ( .___.) #YaUdahSihItuAja

Oh, ada lagi. Kurangnya ke-konsisten-an di penulisan Novelnya. Ha? Maksude?
Jadi gue cukup gak nyaman waktu mbaca beberapa percakapan Annisa ke Jelita yang kadang si Annisanya ngobrol sambil ber- “Gue-elo” tapi kadang “Aku-Kamu” juga. Kadang “Gue –Kamu” “Aku-elo”. Gak konsisten kan? Kaga enak aja gitu. :v

Seharusnya kan diputuskan nih si Annisa kalo ngobrol ke Sahabatnya sendiri gaya bicaranya mau gimana?
Gak penting ya? Yaudah maaf :(

Oke, kesimpulannya adalah.. Buku HIL ngingetin gue akan kisah remaja gue pribadi sewaktu SMA, ceritanya sama persis. Gue suka sama cowok yang alim, kerjaannya mangkal di Masjid Sekolah mulu, kalem nyaris sifatnya macem Ananda gitu lah. Bedanya gue gak ada temen makan temen waktu itu. WQWQ

Duh maap nih kebablasan curhat.

Baca buku HIL bikin senyam-senyum sendiri - gemes, bikin terharu juga (FYI gue sempet nangis di pertengahan Novel, klimaks ceritanya lah..), bikin kangen sama gebetan di masa lalu #yahilaah.
Buku ini bagus untuk dibaca, karena banyak pesan-pesan positifnya, banyak quotes yang nyess banget ke ulu hati, terus jadi tau juga makna cinta kalau dari sisi Akhwat dan Ikhwan. Dan, endingnya itu cerdas menurut gue. Penasaran? Baca Bukunya! :p

Ohya, Buku ini juga ada filmnya loh.
Gue udah nonton, sayang sekarang filmnya udah turun layar. Jadi, gue itu kebalik malah nonton filmnya duluan baru baca Novelnya. Pff


Tapi kalo disuruh pilih bagus mana, gue bakal pilih bagusan Novelnya karena rangkaian kata dan kalimatnya rapih, penggambaran visualnya secara tulisan juga jelas. Kalo waktu nonton Filmnya gue sempet menemukan kebocoran di beberapa scene, terus Color gradingnya juga kurang ngeklik gitu di hati gue. Haha sotoy banget.

Oke deh, makasih banyak udah baca Reviewan sok-sok-an saya ini. See you on next Review!

1 Komentar